Kamis, 18 April 2013

Tips dan Tips memilih laptop baru , By Ndra

Tips Cara Memilih Laptop Baru - Hay sobat apa kabar kalian semua ? Kali ini Blog Saya  akan berbagi tips. Tips kali ini adalah 3 Tips Cara Memilih Laptop Baru. Di jaman yang semakin maju ini semua semakin instan dan cepat, begitu pun perkembangan teknologi saat ini semua semakin berkembang dengan pesatnya. Semakin lama bentuk sebuah mesin menjadi semakin kecil dan memiliki banyak fungsi, lihat saja perkembangan komputer dari masa ke masa, mulai dari yang sebesar rumah, lalu menjadi dekstop komputer dan sekarang sudah berukuran buku yaitu Laptop dan Netbook.

Walaupun sekarang sudah ada teknologi tablet, tapi saya rasa Laptop masih sangat populer untuk berbagai macam jenis kebutuhan. Oleh karena makin banyaknya kebutuhan akan laptop saya akan berikan beberapa Tips yang tepat dalam cara memilih laptop baru :


1. Spesifikasi itu Penting 

Memang benar ini adalah hal yang penting, perlu anda ketahui kebutuhan masing-masing orang dalam menggunakan laptop itu berbeda-beda. Maka dari itu, definisikan dulu kebutuhan anda saat ini. Apakah anda seorang pelajar SMA ? apakah anda seorang guru ? apakah anda seorang designer ? apakah anda seorang gamer ?

Dari masing-masing kebutuhan tersebut akan memunculkan spesifikasi yang berbeda-beda. Bila saja kita ambil contoh saya adalah seorang guru yang hanya membutuhkan laptop untuk mengajar, membuat soal ulangan, mencari referensi soal di internet, membutuhkan media hiburan dengan game-game komputer lainnya. Untuk itu saya rasa saya tidak perlu laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Tentu saya akan memilih laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan saya, misal saja laptop dengan Prosesor dual core, mungkin RAM 2Gb, VGA standard pun cukup. Sehingga dengan begitu saya tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli laptop dengan spesifikasi tinggi yang pastinya berharga mahal. Oleh karena itu, menentukan kebutuhan itu sangat penting pada saat anda ingin membeli sebuah laptop baru.

2. Merek Menentukan Kualitas

Ini hal yang sudah biasa, laptop dengan merek yang terkenal pasti memiliki kualitas yang baik. Bukannya tanpa sebab saya mengatakan seperti ini. Coba anda pikirkan, laptop-laptop dengan merek terkenal biasanya memiliki harga yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan merek-merek biasa. Ini bukan karena mereka menang merek atau sebagainya makanya membuat harga yang mahal.

Tapi melainkan karena produk yang diciptakan juga telah memiliki standar kualitas yang baik serta komponen-komponen laptop tersebut memang menggunakan komponen yang bagus juga. Selain itu laptop dengan merek yang terkenal juga masih memiliki nilai jual kembali yang cukup tinggi nantinya. Jadi saya rasa memilih merek juga penting pada saat anda ingin membeli sebuah laptop baru.

3. Perhatikan Garansi yang Diberikan

Selain memperhatikan spesifikasi dan merek saya rasa ini juga merupakan hal yang penting. Pada saat anda ingin membeli laptop coba perhatikan berapa lama waktu garansi yang diberikan oleh merek-merek tertentu. Karena tidak semua laptop memberikan waktu garansi yang sama. Mungkin ada yang memberikan garansi selama 1 tahun atau bahkan ada juga yang memberikan waktu garansi selama 2 tahun.

Semakin lama waktu garansi yang diberikan semakin bagus, jangan takut untuk mengurus garansi bila suatu saat latop anda mengalami kerusakan. Selain dengan menghemat uang, laptop anda juga akan diperbaiki oleh   teknisi resmi dari penyedia merek laptop tersebut.

Ketiga Tips Cara Memilih Laptop di atas saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika ingin membeli laptop, saya harap dengan adanya tips ini dapat membantu anda memilih laptop yang terbaik untuk anda gunakan. Bila ada kekurangfan mohon dimaafkan, dan apabila ada kelebihannya semoga bisa bermanfaat untik kita semua.

4.Tips yang terakhir yaitu :
  1. Tentukan terlebih dahulu, untuk apa laptop yang akan Anda gunakan? Untuk desain grafis seperti main game atau edit video, atau hanya untuk membuat dokumen-dokumen catatan kantor dan tugas kuliah seperti membuat makalah.
    Jika untuk bermain game, apalagi bermain game 3D maka Anda diperlukan VGA Card atau kartu grafis minimalnya 128 MB
  2. Pemilihan Prosessor, Prosessor ini yang akan menentukan kinerja laptop Anda, sekarang sudah tidak jamannya lagi mengenal pentium 1, 2 ,3 ataupun 4.  Jika Anda mempunyai banyak duit Anda bisa memilih prosessor intel atau AMD .
    Pilih AMD atau Intel?
    Perkiraan saya:
    • AMD harganya lebih murah, cepat panas tetapi sangat baik untuk bermain game dan multimedia
    • Intel harganya mahal, tidak cepat panas, kurang baik untuk bermain game
    AMD Memberikan 3 kelas proser yaitu  high end, Menengah dan Dasar:
    1. High End Prosesor: AMD Phenom II X6, AMD Phenom X4 II dan AMD Phenom X2 II.
    2. Prosesor AMD Menengah: AMD Phenom X3 II, AMD Turion II dan AMD Turion Ultra II.
    3. Prosesor AMD Dasar: AMD Sempron, AMD Athlon dan AMD Athlon Neo Neo X2.
    Prosessor dari Intel juga Memberikan 3 kelas proser yaitu  high end, Menengah dan Dasar:
    1. High End Prosesor: Intel Core I3, i5, dan i7. Core i5 dan Core i7
    2. Processor Intel Menengah: Intel Core 2 Duo dan Intel Pentium Dual Core prosesor.
    3. Processor Intel dasar : Prosesor termasuk Intel Centrino, Intel Centrino Duo dan Intel Atom.
  3. Memilih RAM, RAM ini adalah suatu perangkat keras kecil untuk menyimpan data sementara saat aplikasi-aplikasi berjalan, Jika Anda menjalankan banyak Aplikasi kemudian RAM Anda kecil maka laptop Anda akan semakin lemot, nglag bahkan bisa terjadi restart sendiri.
    Untuk kapasitas RAM, tahun sekarang banyak merk ternama menawarkan RAM bawaan 2GB. Pastikan laptop yang akan anda beli bisa upgrade atau ditambah RAM dengan adanya slot RAM tambahan, jika RAM 2GB bisa Anda tambah 2GB lagi
    Dan pastikan RAM tipe DDR3 karena laptop baru kebanyakan memakai DDR3 penyempurna DDR sebelumnya, harga RAM DDR3 2GB sekitar Rp.200.000 merk VGen.
  4. Pastikan laptop yang akan Anda beli ada Bluetouth, Wifi, DVD, Slot Micro SD, perangkat ini sangat penting untuk tranfer data selain menggunakan kabel data.
  5. Pastikan memiliki kartu garansi resmi bukan garansi distributor tempat anda membeli.
  6. Pastikan kaset drivernya ada, tanyakan kepada penjual kaset driver laptopnya, kaset driver ini sangat penting untuk instal ulang laptop Anda. Meskipun jika menggunakan OS Windows 7 atau 8 tidak perlu menggunakan driver lagi tetapi kaset driver ini sangat penting sebagai pegangan.
  7. Perhatikan harga, sebelumnya anda harus mencari informasi tentang harga laptop terbaru. Jangan tergoda dengan harga laptop yang murah karena mungkin ada sesuatu yang disembunyikan bisa jadi laptop yang akan anda beli adalah prosuk gagal.
  8. Cari masalah atau kerusakan pada latpop yang akan beli.
    Untuk mencari informasi Anda bisa memanfaat penelusuran google, tentunya anda akan mendapatkan informasi dari orang-orang sudah berpengalaman terhadapa kerusakan atau penggunaan laptop yang akan Anda beli.
Semoga tips-tips diatas bisa bermanfaat, inti dari tips diatas, Anda hanya perlu mencari informasi dari orang-orang sudah berpengalaman dengan spesifikasi yang ditwarkan laptop yang akan Anda beli dan harus diingat jangan terburu-buru untuk memilih laptop.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar